Kabupaten Pidie Jaya, Aceh

Pidie Jaya

Tari Teumampoe

Tarian ini dulu dimainkan pada saat panen raya tiba, dalam acara panen raya Jeu’e (tampi), tari ini digunakan untuk membersihkan padi yang telah dirontokkan agar tidak bercampur dengan sisa-sisa batang dan daun padi. Dalam bahasa Aceh kegiatan tersebut disebut Keumeurui, setelah melakukan aktivitasnya untuk menghilangkan lelah seraya menghibur diri, para perempuan berjumlah 7 orang menari-nari sambil memainkan Jeu’e dengan diiringi oleh Rapa’I dan Seurune Kalee beserta syair-syair kedaerahan. Gerakan menampi beras ini memiliki makna yang sangat banyak untuk kehidupan sehari-hari, yakni memisahkan antara beras yang baik dan buruk begitupun dalam kehidupan bermasyarakat kita dapat memisahkan kebaikan dan keburukan.

 

Tari Ploeh Broen (Geude-geude)

Tarian ini diangkat dari tradisi masyarakat setelah panen raya tiba dengan memainkan permainan gulat khas Aceh untuk melepas penat dan lelah. Tarian ini disebut Geude-geude dalam bahasa Aceh. Geude-geude menggunakan media sawah dan jerami sebagai lapangan tempat permainan tersebut. Tari Ploeh Broen ditarikan oleh penari pria dengan diiringi oleh musik tradisi Aceh.

Kabupaten Pidie Jaya, Aceh

  1. Tari Teumampoe
  2. Tari Ploeh Broen (Geude-geude)

27 - 28 September 2021

Aula SMPN 1 Meuruedu Kabupaten Pidie Jaya

  1. Produser: Marzuwan, M.Pd. 
  2. Ide: Marzuwan, M.Pd.
  3. Manajer: Masyitah, S.Sos.
  4. Asisten Manajer: Marjalena, S. Ant.
  5. Sutradara: Saputra Mustafa, S.Kom.
  6. Penata Tari: Taufiq Hidayat, S.Pd.I
  7. Penata Musik: Poetra Black Percussion
  8. Juru Kamera: Nazibullah, S.Pd.
  9. Kru Kamera: Husnul Habibi, S.Sos.
  10. Penyunting: Fahreza, S.Kom.
  11. Kru Penyunting: Aris Munandar
  12. Kru Lapangan: Azhar & Usman
  13. Keamanan: Syafie & Saryulis

Daerah Lainnya:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!