Lampung Timur, Lampung

Lampung Timur

Kekayaan Sandang, Pangan dan Papan Lampung Timur

 

Gulai Pengecangan Keratuan Melinting

Pengecangan merupakan salah satu kuliner adat yang ada di wilayah Keratuan Melinting Lampung timur. Jenis gulai ini hanya dimasak oleh kaum lelaki ini, berbahan daging sapi dicampur dengan jeroan sapi, dan dihidangkan pada saat acara-acara perayaan adat yang berlangsung di wilayah Keratuan Melinting, Lampung Timur.

 

Wastra Kain Tapis Melinting

Meruka adalah salah satu warisan budaya masyarakat Keratuan Melinting. Kain ini memiliki ciri khas tersendiri yang dapat membedakannya dari marga-marga lain di wilayah Lampung. Kain ini masih lestari baik secara produksi maupun penggunaannya di acara-acara adat di wilayah Lampung.

 

Rumah Tradisional Masyarakat Adat Melinting

Rumah adat Melinting merupakan rumah adat yang sejak dulu dipelihara dan masih ditinggali oleh sebagian masyarakat Keratuan Melinting, khususnya di Desa Tua Wana. Desa ini pernah dicanangkan sebagai desa adat di Lampung dan masih memberlakukan segala hukum adat yang berlaku di dalamnya.

Filosofi dan struktur rumah adat Melinting Desa Wana mempunyai keunikan, ciri serta nilai-nilai tersendiri di mata masyarakat dan penghuninya. Hal-hal tersebut merupakan warisan pengetahuan tradisional yang tetap lestari hingga kini. 

Lampung Timur, Lampung

  1. Gulai pengecangan Keratuan Melinting
  2. Wastra Tapis Melinting
  3. Rumah tradisional masyarakat adat Melinting

25 September - 9 Oktober 2021

  1. Rumah tradisional Desa Wana, Kecamatan Melinting
  2. Kecamatan Waway
  3. Rumah Keratuan Melinting, Kecamatan Waway

Narasumber: Iskandar & Sholeh PN Arif

Produser: Dinas Dikbud Kabupaten Lampung Timur

Kurator: Rifian Chepy & Rizal Ismail

Artistik: Edi Suranto, Iqbal Sanjaya & Hendriawan

Kru: Lampung Visual Production

Daerah Lainnya:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!