Deli Serdang - Sumatera Utara

Deli Serdang

Sepekan di Kampoeng Besar

Sekelompok masyarakat yang telah menuai hasil pertaniannya  langsung membawanya ke Kampoeng Besar. Kampoeng Besar merupakan sebutan bagi suatu daerah huni masyarakat Deli Serdang dengan luas wilayah yang besar. Wilayah ini merupakan hunian masyarakat yang sedikitnya terdiri dari seratus kepala keluarga dimana masyarakat kampung sekitar akan hadir untuk menyaksikan hasil tuaian selama sepekan. Dalam acara Pekan Menuai  berlangsung pula acara Ber-Ahoi, yaitu mengirik/melepaskan buah padi dari batangnya, Mengemping atau membuat penganan melayu yang terbuat dari padi muda, serta ngkapan-ungkapan gembira lainnya seperti Bersenandong atau nyanyian yang difungsikan untuk membangun spiritualitas masyarakat dan berpantun.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, kegiatan-kegiatan lain di masyarakat Deli Serdang tumbuh dan berlangsung secara mengalir. Dari mulai bernyanyi, menari juga permainan tradisional yang melibatkan anak-anak dan remaja. Sementara pengunjung lainnya menikmati makanan yang terhidang sejalan dengan Pekan Menuai yang diibaratkan sebagai kenduri, syukuran atas turunnya berkah hasil tanam yang melimpah, masyarakat Melayu yang sudah berlangsung dari satu musim tanam ke musim tanam lainnya.

Deli Serdang - Sumatera Utara

  1. Perkolong-kolong (Karo)
  2. Ronggeng Melayu (Melayu)
  3. Ketoprak Dor (Jawa Deli)
  4. Tari Serampang 12
  5. Tari Mengirik Padi ( Melayu)
  6. Mengemping dan senandung (Tradisi)
  7. Makanan tradisional Deli Serdang
  8. Perlombaan permainan rakyat
  9. Perlombaan tradisional
  10. Mendongeng
  11. Pameran gerabah
  12. Pameran songket
  13. Lokakarya

19 - 27 September 2021

  1. Kawan Lama Desa Denai Lama Kec. Pantai labu
  2. Museum Daerah Deli Serdang
  3. Lubuk Pakam
  4. P3UD Tanjung Morawa

  1. Sutradara: Retno Ayumi
  2. Koreografer & Manajer Panggung: Makyal
  3. Perlengkapan: Roy Irawan
  4. Produksi: ABC Production

Daerah Lainnya:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!