Batang, Jawa Tengah

Batang

Tari Sendratari Sigandu

Sendratari Sigandu merupakan salah satu drama tari tradisi garapan baru yang dikreasikan dengan tema kehidupan sosial masyarakat di sekitar Pantai Sigandu, Kabupaten Batang.

Sendratari Sigandu berlatar belakang aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pantai Sigandu yang sebagian besar masyarakatnya memiliki mata pencaharian nelayan. Dalam pertunjukannya, Sendratari Sigandu diiringi dengan gamelan,rebana, jidor dan terompet yang merupakan instrumen musik khas Kabupaten Batang.

 

Pelestarian Kesenian Tari Batik Gringsing

Tari Batik Gringsing adalah sajian tari yang terilhami dari keberadaan motif Batik Gringsing yang merupakan salah satu batik khas Kabupaten Batang dengan filosofi keseimbangan, kemakmuran dan kesuburan. Susunan gerakan tari bersumber dari nilai Seni Budaya yang ada dan berkembang di wilayah Jawa Tengah. Tari Batik Gringsing menggunakan kain batik

motif Gringsing seperti sisik, moto iwak dan motif lain serta alunan suara gamelan, tembang, rebana, serta rias cantik agar sajian tampil mempesona.

 

Pelestarian Kesenian Simo Gringsing

Simo adalah Macan atau Harimau. Tari Simo Gringsing adalah sebuah garapan tari kreasi baru yang bersumber pada gerak tari tradisional kerakyatan yang ada di Kabupaten Batang. Tarian ini memiliki latar belakang cerita legenda tentang sosok Ki Ageng Gringsing yang memiliki kesaktian berubah menjadi simo dan ilmu kanuragan untuk menyadarkan para garong, rampok, begal, serta mengajarkan budi pekerti dalam ajaran agama islam di wilayah Gringsing dan Alas Roban. Dalam penampilannya Tari Simo Gringsing diiringi oleh gamelan, rebana, jidor, terompet, serta tata rias dan busana agar sajian tampak lebih menarik.

 

Pelestarian Kuliner Khas Kabupaten Batang: Tari Serabi Kalibeluk

Tari Serabi Kalibeluk adalah tari kreasi baru yang mengangkat kuliner khas Kabupaten Batang yang sudah ada sejak zaman Kerajaan Mataram sampai saat ini. Tari Serabi Kalibeluk dilakukan oleh penari perempuan yang menggambarkan sosok Nyai Rangginem yang cantik jelita bak Dewi Rantansari serta proses pembuatan serabi kalibeluk. Dalam penampilannya, Tari Serabi Kalibeluk menggunakan properti tampah, tenggok dan alat tumbuk.

Batang, Jawa Tengah

  1. Tari Sendratari Sigandu
  2. Tari Batik Gringsing
  3. Tari Simo Gringsing
  4. Tari Serabi Kalibeluk

13-17 September 2021

  1. Pantai Jodo Gringsing, Batang
  2. Galangan Kapal Sigandu, Batang
  3. Pantai Sigandu, Batang
  4. Pendopo Kabupaten Batang
  5. Galeri Batik Rizki, Batang
  6. Situs Belakambang Gringsing, Batang
  7. Hutan Alas Roban Plelen Gringsing, Batang
  8. Hutan Rowobelang Batang
  9. Makam Ki Ageng Gringsing
  10. Situs Balekambang
  11. Alun-alun Kabupaten Batang

  1. Sutradara: Ratna Kencanawati, S.H.
  2. Koreografer:  Dr. Yoyok Bambang Priambodo, M.FA & Adilah Endarini, S.Pd
  3. Narasumber: Dr. Yoyok Bambang Priambodo, M.FA & Mbah Surini
  4. Pelatih: Abdul Azis, S.Pd & Adilah Endarini, S.Pd.
  5. Juru Kamera & Penyunting: Aprellian Luhfi Raharjo, S.Pd. & Thomas Eky, S.Pd.
  6. Dokumentasi: Vicky Tama
  7. Penari: Gryshelva Yolanda Siantana, Riza Pratama Ningtyas, Umatul Khasanah, Rizka Amalia Herawati, Nabila Icha Maulida, Aditya Rizki Aji, Tri Suwarno, Syahid A., Gilang P., M. Azmi Pratama, Sanggar Jagadhita dan Sanggar Narazwan
  8. Pengisi Suara: Rachika Galuh Smaradhani, Aprellian Luthfi Raharjo & Adilah Endarini, S.Pd

 

 

Daerah Lainnya:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!