Variety Show Napas Bumi: Kalimantan Timur

Kalimantan Timur adalah salah satu wilayah yang memiliki banyak produk kebudayaan dan kesenian. Budaya, seni, alam, dan kehidupan sosial masyarakat di wilayah ini memiliki karakteristik yang khas. Kita sudah lama mengetahui Pulau Kalimantan dihuni oleh suku Dayak, yang memiliki tradisi kuat, yang bahkan hingga sekarang masih menjaga kebudayaan dan identitas mereka.

Di Samarinda, kebudayaan suku Dayak dilestarikan di Desa Budaya Pampang. Rumah, ornamen, dan motif budaya mereka hadir dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, orang-orang Dayak membawa corak budaya mereka ke dalam tubuh. Mereka seakan-akan memberitahu kita: Jangan sekali-sekali malu dengan identitas asli; identitas adalah anugerah yang harus dibawa ke mana pun kita pergi. 

Pola tato yang berada di tubuh masyarakat Dayak adalah representasi alam, tanaman dan hutan mereka. Penghormatan mereka atas budaya dan seni juga hadir dalam tarian, seperti tari Enggang dan tari Perang.

Demi memajukan masyarakat adat di dunia modern seperti saat ini kita tetap harus berpijak pada kearifan lokal. Kearifan lokal masyarakat Dayak tertuang pada sandang, pangan dan papan mereka. Tiga komponen itulah yang menjadi alasan keberadaan mereka, juga kita dan seluruh suku bangsa di tanah air.


Pergelaran Lainnya:


Pos Serupa:


2 Komentar
  • Aisyah Khairunnisa
    Diposting pada tanggal 24 November 2021 Balas

    Duh the best keren banget PKN!

  • Arif Budiman, SE
    Diposting pada tanggal 24 November 2021 Balas

    Terima kasih untuk semua Tim Variety Show Nafas Bumi Kalimantan Timur yang telah memberikan wawasan Budaya Kalimantan Timur yang begitu Asri dan Natural, semoga semakin sukses.

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!