Variety Show: Banda dari Dekat Sekali

Banda punya sejarah panjang. Berkapal-kapal Bangsa Eropa pernah mendatangi wilayah ini untuk mendapatkan rempah-rempah, harta karun paling tersohor pada zaman itu. Di wilayah Kepulauan Banda terdapat Pulau Run, sebuah wilayah yang oleh pihak Inggris diserahkan ke pihak Belanda untuk ditukar dengan Manhattan di Benua Amerika. 

Rempah-rempah yang dihasilkan Kepulauan Banda membuat bangsa-bangsa asing ingin menguasainya, sehingga menjadikannya sebagai palagan. Dari sejarah panjangnya, apakah Kepulauan Banda masih punya daya pikatnya pada saat ini? 

Ismail Basbeth, selaku sutradara video ini, berusaha merekam memori masyarakat Banda. Apakah masyarakat Banda mengetahui bahwa tanah mereka pernah diperebutkan bangsa asing?

Kisah Banda hari ini dihadirkan kepada kita dalam potret perjalanan. Di Banda juga Bung Hatta pernah diasingkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Penyelusuran ini tidak saja tentang sejarah masa lalu, tetapi juga menangkap semangat masa depan dari laut Banda. Arus balik kejayaan tempo dulu mungkin susah untuk kembali, tetapi dengan sumber alam melimpah kesejahteraan masyarakat Banda sudah harus terjadi. 

Tayangan feature yang tersaji ini tidak hanya penting sebagai catatan bagi para pembuatnya, tetapi juga bagi warga Kepulauan Banda itu sendiri. Pembuat video hanya fasilitator yang menyajikan suara kolektif. Pembuat film tidak memposisikan diri sebagai satu-satunya pemilik kuasa yang mengendalikan narasi atas cerita-cerita yang ada. Mereka hanya pribadi-pribadi yang mewakili kemajemukan profesi dan kehidupan budaya warga setempat.


Pergelaran Lainnya:


Pos Serupa:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!