[STAR JAMMING] Permata dari Indonesia: Sumba (Endah n Rhesa, Pusakata)

Indonesia adalah negara yang teramat kaya. Beragam budaya dan keindahan alam adalah salah satu kekayaan kita yang terkenal dunia—tidak ada siapa pun yang berani membantahnya.

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) tidak akan berhenti dan bosan memperkenalkan keberagaman dan kekayaan budaya Indonesia baik ke dalam maupun luar. Kesungguhan dalam memperkenalkan ini tidak berhenti hanya di satu tempat tertentu. PKN mengangkat seluruh kultur yang tumbuh dan berkembang di seluruh wilayah yang ada di Indonesia. 

Video ini memaparkan budaya dan manusia Sumba Waingapu. Kalian sudah tahu tentunya di mana Sumba Waingapu. Tepat sekali, Sumba Waingapu berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sumba Waingapu adalah salah satu wilayah yang sangat indah. Sungguh luar biasa kekayaan alam yang mereka punya. Dari alam, budaya, sosial, kerajinan, bahkan kuliner Sumba Waingapu menawarkan ketakjuban.

Durasi video 40-an menit ini tak akan bisa menampung ketakjuban tersebut, tetapi ini adalah jalan awal untuk mengetahui sedikit tentang budaya dan hal menakjubkan di Sumba Waingapu. Kehadiran pemandangan alam, kehidupan manusia Sumba, kerajinan (tenun) dan kekayaan pangan orang Sumba akan membuat Sahabat Budaya semakin penasaran atas daya magis Pulau Sumba.

Dalam video ini, Sumba dimunculkan sebagai subyek, bukan obyek. Orang-orang Sumba berinteraksi sehingga dalam video ini lebih hidup dan manusiawi dalam menyampaikan pesan kepada kita semua.

Keindahan alam Sumba akan diiringi dengan musik yang indah pula. Mereka adalah Endah N Rhesa, yang digawangi dua anggota, yaitu Endah Widiastuti, sebagai vokalis sekaligus gitaris, dan Rhesa Aditya, sebagai basis. Alunan musik yang mereka bawakan nampak dan terdengar demikian menyatu dengan alam Sumba Waingapu.

Tidak saja Endah N Rhesa yang menghanyutkan kita, Pusakata—yang digawangi oleh Mohammad Istiqamah—juga membawa Sahabat Budaya ke alam yang berbeda. Lirik-lirik dari Pusakata kerap mencerminkan alam itu sendiri. Dan, itu membantu kita semua untuk memahami apa yang tersirat dari alam.

Sahabat Budaya, jangan bosan untuk mencintai keindahan alam Indonesia. Mari menonton!


Pergelaran Lainnya:


1 Komentar
  • Paramapandu
    Diposting pada tanggal 22 November 2021 Balas

    Keren

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!