Ragam Budaya Internasional: Thailand

Thailand menghadirkan satu video menarik soal kuliner yang menggoda lidah, serta tarian dengan corak dan ragam hias dalam kostum yang memanjakan mata.

Mereka memperkenalkan sup udang pedas, atau yang dalam bahasa Thailand disebut Tom Yam Goong. Hidangan ini rendah lemak dan mengandung rempah-rempah yang berkhasiat bagi tubuh. Hingga saat ini, Thailand masih berusaha menjadikan Tom Yam Goong masuk dalam daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO. 

Persembahan kedua dari Negeri Gajah Putih ini adalah Khon, sebuah tarian topeng tradisional yang dibawakan oleh sekitar puluhan penari di atas panggung. Khon membawakan suatu cerita, salah satu episode dalam RamakienRamayana versi Thailandyang dihidupkan oleh kelompok paduan suara di sisi panggung. 

Gambaran tentang hidup dan akar budaya masyarakat Thailand dapat kita saksikan dari gerakan tubuh yang anggun, serta musik dan kostum yang kompleks. Alih-alih mengikuti tren atau berusaha berinovasi, Khon mempertahankan koreografi tradisionalnya. Untuk menjaga budaya mereka, pemerintah Thailand telah berhasil menjadikan Khon sebagai Warisan Budaya Takbenda dari UNESCO pada 2018.

Sahabat Budaya, mari menonton!


Pergelaran Lainnya:


Pos Serupa:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!