Ragam Budaya Internasional: Filipina

Filipina

Filipina mempunyai festival bernama Festival Lami-lamihan, yang tahun ini dikemas dalam bentuk virtual. Festival disiarkan di dua kota, yaitu Zamboanga dan Basilan, di Mindanao, Filipina Selatan.

Lami-lamihan merupakan istilah penduduk setempat bagi perayaan yang diselenggarakan untuk perdamaian dan keharmonisan di antara suku Yakan, Tausug, warga Muslim dan Kristen. Selain itu, festival ini juga punya maksud untuk memperkenalkan kebudayaan dan kesenian masyarakat Filipina. 

Lami-lamihan menyajikan tarian perang, kain yang banyak memakai warna merah, dan gastronomi yang begitu kaya. Itu semua adalah cerminan warga Filipina Selatan yang dekat dengan laut. Tradisi Mangan Ne Kite adalah sebuah ajakan makan bersama bahwa makan bersama lebih nikmat daripada makan sendiri-sendiri.

Sahabat Budaya, di beberapa sisi, kita punya kemiripan dengan masyarakat Filipina, seperti fitur wajah kita, misalnya. Selain itu, dalam bahasa Tagalog, ada beberapa kosakata yang sama dengan kosakata dalam bahasa Indonesia. Artinya, budaya dan seni dari masyarakat Filipina perlu dan layak kita kenal lebih dekat dan jelajahi. 


Pergelaran Lainnya:


Pos Serupa:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!