Ragam Budaya Internasional: Belarus

Koleksi pakaian rakyat Belarus dari Museum Sejarah Nasional Republik Belarus memiliki nilai seni yang luar biasa. Koleksi itu merepresentasikan kekayaan tradisi dari sebuah negeri yang baru mendeklarasikan kemerdekaannya pada 1990 tersebut. Kekayaan sandang Belarus terkandung dalam berbagai teknik menenun, menyulam dan membuat renda, fitur dekorasi, ornamen, dan cara berpakaian.

Ada lebih dari 3000 item yang berasal dari semua wilayah etnografi Belarus yang mencakup Paazerie (distrik Danau di Belarus Utara), Padniaproue (wilayah lembah sungai Dnieper hingga sungai Biarezina), Belarus Tengah, Paniamonnie (wilayah sungai Nioman), PolesiŠµ Timur dan Barat (wilayah selatan Belarus). Sandang dari setiap daerah memiliki teknik pelaksanaan ornamen, seperti komposisi plot, motif, warna yang berbeda satu dengan yang lainnya.

Pakaian pesta dan seremonial mencerminkan kehidupan seorang Belarus, pandangan dunianya, dan sikapnya terhadap sesama. Dari lahir hingga akhir hayatnya, pakaian berbahan linen putih yang dibuat tangan membalut penduduk desa di Belarus.

Ratusan model pakaian, kostum pesta dan upacara, rok, andarak, ikat pinggang, syal dan kemeja dibuat dalam tradisi yang telah ada dan berkembang di Belarus selama berabad-abad.

Elemen pakaian wanita Belarus, yang menjadi prioritas dalam pameran ini, terdiri dari kemeja, andarak, korset, celemek dan ikat pinggang. Banyak perhatian diberikan pada dekorasi kemeja, terutama di bagian lengan. Ada keyakinan magis pada ornamen belah ketupat merah, yang dipercaya dapat melindungi tangan dari roh jahat serta memberi kekuatan ketika bekerja.

Sementara itu, handuk digunakan di antara kain untuk keperluan upacara dekoratif. Selain tujuan utilitarian, hingga awal abad ke-20, handuk digunakan untuk dekorasi rumah.

Museum Sejarah Nasional Republik Belarus memiliki koleksi etnografi yang kaya dari berbagai bagian negara. Dan, setiap pengunjung bisa mengenalnya di pameran museum.

MARI MENCIPTAKAN SEJARAH BERSAMA

 


Pergelaran Lainnya:


Pos Serupa:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!