Ragam Budaya Internasional: Amerika Serikat

Amerika Serikat

Selimut Gee’s Bend di Alabama

Tema yang diusung oleh Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021, yaitu sandang, pangan dan papan direspons oleh negara sahabat, Amerika Serikat, dengan satu karya seni berupa selimut dari Gee’s Bend, Alabama. Karya tersebut menandai satu masa penting dalam sejarah seni Amerika Serikat dan sekarang telah menjadi koleksi permanen di lebih dari 20 museum seni terkemuka di Negeri Paman Sam tersebut.

Pada akhir 1990, seorang kolektor dan patron seni dari Atlanta bernama William Arnett memulai penelitian terhadap para pembuat selimut dari Gee’s Bend dan mengoleksi karya mereka. 

Pada 2002, dibantu kedua putranya, Matt dan Paul, William Arnett mempresentasikan pameran selimut Gee’s Bend pertama di Museum of Fine Arts, Houston, Texas. Pameran tersebut lantas berkeliling ke lebih dari 20 museum besar di Amerika. Pada 2006 dan 2007, Yayasan Seni dan Preservasi di Kedutaan Besar (FAPE) membeli empat karya selimut Gee’s Bend yang diproduksi dalam bentuk cetak untuk ditampilkan di 50 Kedutaan Besar Amerika Serikat di seluruh dunia. 

Sahabat Budaya, para pembuat selimut Gee’s Bend di Alabama berbagi kepada kita bagaimana sejarah selimut mereka dan bagaimana pelaku seni seni di sana merawatnya.

Selamat menikmati dan menggali inspirasi.


Pergelaran Lainnya:


Pos Serupa:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!