Pembukaan: Napas Jiwa

Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) adalah perayaan dan ruang interaksi bagi semua dalam pemajuan budaya Indonesia. Dengan misi mengolah inspirasi cemerlang kearifan lokal untuk menjawab tantangan kekinian, PKN berupaya untuk beradaptasi dalam situasi terkini dimana pandemi Covid-19 mengarahkan manusia untuk berdiri di atas dunia dan budaya baru. Maka dari itu, Pekan Kebudayaan Nasional 2021 disajikan secara daring dan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. 

Pembukaan PKN 2021 mengangkat tema “Napas Jiwa”. Karya ini bercerita tentang siklus kehidupan: kelahiran, kehidupan, kematian. Karya ini juga bisa dibaca di dalam konteks respons terhadap situasi yang berangsur membaik. Bumi sudah mulai menghembuskan angin segar dan manusia mulai senantiasa bernapas kembali. Di sisi lain kita tetap perlu berhati-hati dalam menghirup udara baru tersebut, khususnya ketika Covid-19 masih berada di antara kita. 

Dalam pembukaan PKN 2021, ditampilkan beberapa pertunjukan yang kental dengan nuansa sandang, pangan, papan tradisional Indonesia. Menampak pula seni tari, musik, fashion show, acara seremonial, dan masih banyak lagi.

Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo akan membuka Pekan Kebudayaan Nasional 2021 ini. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim, melantumkan kata-kata yang bisa ditafsirkan sebagai doa, tekad, semangat, pun pula kecerlangan Nusantara itu sendiri. 

Heneng meheninging cipta
Cinipta ya cipta maya
Tejamaya cahyamaya

Ambabar jati nugraha
Jagad raya ya cinipta
Sunaring sagung dumadya
Sunaring sagung dumadya

(Dalam kekosongan dalam diam dan keheningan, senantiasa lakukan hening cipta (doa dengan penuh kekhusukan), terciptalah wujud yang sangat indah mententramkan, pancaran sinar dan cahaya indah menyejukkan, menebarkan anugerah sejati, jagad raya yang tercipta atas kekuasaan keillahian, pancarkan sinar kehidupan bagai dunia dengan segala isinya)

Selamat menikmati, Sahabat Budaya!

Napas Jiwa

Sutradara Teater dan Perancang Kostum: Atilah Soeryadjaya
Sutradara Film dan Penata Artistik: Jay Subyakto
Produser Kreatif: Rama Soeprapto
Penata Musik: Erwin Gutawa & Blacius Subono
Penata Tari: Daryono Darmorejono & Boby Ari Setiawan


Pergelaran Lainnya:


1 Komentar
  • Kusumo Wardoyo
    Kusumo Wardoyo
    Diposting pada tanggal 19 November 2021 Balas

    PKN Memang harus terus berinovasi agar tetap dapat berkelanjutan

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!