KONSER INTERAKTIF: Merayakan Peluncuran PKN

Alffy Rev

“Indonesia adalah negeri terindah di alam semesta.”

Pada 17 Agustus 2021, Alffy Rev meributkan jagat maya dengan karyanya berjudul “Wonderland Indonesia.” dalam karya itu, Alffy berduet dengan Novia Bachmid. Ia merespons beberapa lagu daerah, membungkusnya ke dalam beat musik dan visual yang sangat modern, dan sempat jadi trending di YouTube. Pendekatan Alffy dalam mengenalkan adat dan tradisi Indonesia adalah cara yang sangat efektif dalam menjangkau seluruh lapisan masyarakat di era digital saat ini. 

 

Shine of Black

Kalau kita ke wilayah Papua, ada satu grup musik yang sekarang sedang digemari lagu-lagunya pun sering diputar di warung-warung kopi. Mereka adalah Shine of Black. Lagu mereka, “Jang Ganggu,” sudah menembus 64 juta kali tonton di platform YouTube.

Mereka tak segan melantunkan lirik mereka dengan logat kental Papua. Bahkan, mereka ingin mengatakan bahwa musik dengan logat Papua juga diminati oleh siapa pun. Kepercayaan diri mereka tak bertepuk sebelah tangan dengan popularitas dan kesuksesan yang kini mereka miliki. 

 

Diskoria

Dengan semangat disko 80-an, Diskoria berhasil mengembalikan nada-nada masa lalu ke telinga anak milenial. Duo musik yang digawangi oleh Merdi Simanjuntak dan Fadli Aat ini kerap berkolaborasi dengan penyanyi atau artis papan atas, seperti Dian Sastrowardoyo, dalam lagu “Serenata Jiwa Lara,” dan Eva Celia, dalam lagu “C.H.R.I.S.Y.E.”

 

Para penampil di atas mempunyai genre musik yang berbeda dengan penikmat yang berbeda pula. Kesamaan di antara mereka ialah usia para pendengar mereka, yaitu anak muda dan mudi. Semangat anak muda inilah yang harus tersalurkan dengan baik, sebab hanya dengan semangat itu kebudayaan Indonesia bisa tetap terjaga dan kontemporer. 


Pergelaran Lainnya:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!