Cultural Fashion: Asa Wastra Nusa Tenggara Barat + Podcast Lalu Hilman Afriandi (Wastra NTB)

Asa Wastra Nusa Tenggara Barat

Tiap daerah di Indonesia punya keindahannya masing-masing, punya karakterisasi yang berbeda, yang membuat baik wisatawan lokal maupun internasional tak pernah bosan menjelajahi negeri ini. Kali ini, Asa Wastra Nusa Tenggara Barat  menyajikan visualisasi cultural values dan keindahan Nusa Tenggara Barat (NTB)

Kecantikan NTB jelas tidak mampu disampaikan atau ditampilkan dalam video pendek ini. Bahkan, ribuan jam durasi video pun tidak akan mampu menyampaikannya. Sebab, keindahan NTB tidak dapat dikurung dalam lensa kamera. Namun, setidaknya, video ini dapat mengantarkan Sahabat Budaya ke depan pintu kebudayaan NTB. 

Dalam video ini kita bisa melihat kebudayaan NTB melalui peragaan busana. Para model memperagakan kain tenun dan songket yang anggun dengan latar musik yang menghanyutkan penonton ke tengah keindahan alam NTB. Tidak perlu memilih satu bila dua-duanya bisa berjalan bersama. Ini yang dilakukan bahwa pertunjukan adalah penggabungan gaya tradisional dan modern. 

Video dibuka dengan pengambilan gambar pemandangan. Kecantikan kain tenun dan songket merepresentasikan keindahan alam NTB. Manusia tidak asal mengarang bebas dalam mengaktualisasikannya pada suatu medium, yang dalam hal ini adalah kain. Mereka sudah punya pengetahuan sebelumnya, yaitu perjumpaan mereka dengan alam. Kesadaran untuk memindahkan pengalaman mereka dengan alam ke atas selembar kain adalah cara para penenun dalam mensyukuri dan mengapresiasi alam tempat di mana mereka lahir dan tinggal. 

Padang rumput, sinar matahari di ujung bukit, pantai dan juga aktivitas masyarakat adalah bagian dari kekayaan NTB yang dapat kita lihat di video ini. Sahabat Budaya tentu saja akan semakin terpesona jika berkunjung langsung ke NTB. Dan, jangan pernah sungkan untuk mengabarkan kepada publik bahwa NTB punya surga sendiri, yang harus didatangi bukan hanya oleh masyarakat Indonesia, melainkan juga masyarakat dunia.

 

Podcast Lalu Hilman Afriandi (Wastra NTB)

Lalu Hilman Afriandi atau dipanggil Afriandi (38 th) merupakan pegiat, pemerhati dan pengusaha songket Nusa Tenggara Barat. Afriandi juga merupakan founder bidadariku benang warna alam yang berada di pulau Lombok, serta ketua Perkumpulan Pecinta Songket Warna Alam (Pesona Alam) NTB. 

Bersama perkumpulan Pesona Alam, Afriandi aktif mengajak para penenun dan pengusaha songket di pulau Lombok untuk mengembangkan ekosistem tenun songket yang berkelanjutan, berdikari dan berkepribadian nasional, serta mendorong ekosistem perdagangan yang adil dalam industri tenun Lombok.

Afriandi pernah menjabat sebagai anggota komisi 2 DPRD Provinsi NTB yang membidangi perindustrian, perdagangan, pertanian, pariwisata, kelautan, koperasi dan lingkungan hidup.

Afriandi akan membahas perihal wastra di NTB. Selamat menyaksikan, Sahabat Budaya!


Pergelaran Lainnya:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!