BIDIK Nusantara

Kisahkan pada dunia panorama arsitektur nusantara kita dilihat dari awan gemawan. Di dalam Kompetisi Cerlang BIDIK Nusantara: Bercerita Lewat Foto Drone Arsitektur Nusantara, kamu punya kesempatan melakukan itu. Tak perlu cemas jika saat ini kamu tidak terlalu bisa melanglang buana mencari gambar dengan kamera dronemu. Sebab kompetisi ini terbuka untuk karya fotografi drone dalam rentang tujuh tahun terakhir. Tema karya fotografi drone kamu mestilah tentang Arsitektur Nusantara. Objek fotomu antara lain rumah nusantara, desa nusantara bersama ekosistem sekitarnya, serta objek-objek arsitektur nusantara lainnya. Kamu cukup mengunggah foto di feed Instagram-mu dengan format kotak (square), diberi judul dan deskripsi pada kolom caption. Tandai akun Instagram @pekankebudayaannasional dan 5 temanmu dengan tagar #bidikpapanpkn #kompetisicerlang #generasicerlang #pekankebudayaannasional. Dua puluh peserta yang lolos untuk penjurian tahap kedua diharapkan mengumpulkan fotonya.

Ketentuan Umum

  1. Kompetisi bersifat terbuka dan tidak dipungut biaya.
  2. Peserta adalah warga Negara Indonesia yang berada di dalam negeri maupun luar negeri dengan usia minimal 15 tahun.
  3. Finalis 20 besar diharapkan siap dengan file hi-res untuk penjurian tahap kedua dan perlengkapan administratif lainnya. Sertakan juga Surat Pernyataan Keaslian Karya yang formatnya akan disiapkan panitia.
  4. Hak Cipta atas karya yang diikutsertakan adalah milik peserta. Karya belum pernah diikutsertakan dalam kompetisi lainnya.
  5. Hak terbit dan reproduksi atas karya yang diikutsertakan adalah milik Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai media promosi non komersial.
  6. Keputusan dewan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Ketentuan Teknis

  1. Karya fotografi drone dibuat secara perorangan, dalam rentang tujuh tahun terakhir.
  2. Tema Karya berhubungan dengan Arsitektur Nusantara, dengan objek antara lain (namun tidak terbatas pada) rumah nusantara, desa nusantara dan ekosistem sekitarnya. Foto diambil dengan media drone.
  3. Foto di post di feed Instagram dengan format kotak (square), diberi judul dan deskripsi sebanyak maksimal 50 kata pada kolom caption, serta  menandai akun Instagram @pekankebudayaannasional dan 5 teman dengan tagar #bidikpapanpkn #KompetisiCerlang #GenerasiCerlang #pekankebudayaannasional.
  4. Akun Instagram peserta tidak terkunci (tidak boleh ‘private’).
  5. Wajib mengikuti (follow) akun Instagram @pekankebudayaannasional.
  6. Dua puluh peserta yang lolos untuk penjurian tahap kedua diharapkan mengumpulkan foto dengan ketentuan sbb: Format JPG atau PNG, ukuran kotak 2000 x 2000 pixel, perbaikan foto hanya diizinkan sebatas perbaikan warna, kontras, serta cropping maksimal 20%. Besar file tidak lebih dari 3 (tiga) megabyte.

 

Keterangan lebih lanjut dapat dilihat di Petunjuk Teknis.

Hadiah

Juara 1: 25.000.000
Juara 2: 15.000.000
Juara 3: 10.000.000

Pajak ditanggung pemenang.

Tanggal Penting

Seleksi Tahap 1: 1 – 8 September 2021
Pengumuman 20 Finalis: 9 September
Seleksi Tahap II: 11 – 17 September

Pembukaan Kompetisi

30 Juli 2021

Penutupan Kompetisi

31 Agustus 2021

Narahubung

Kelo (087716740890)