Hidangan Nusantara yang Wajib di Pesta Pernikahan

Momen pernikahan adalah salah satu momen yang paling dinantikan oleh sebagian besar orang. Banyak yang berharap momen pernikahan itu terjadi hanya sekali seumur hidup. Maka, tak heran jika sebagian besar orang mempersiapkan konsep atau acara pernikahan secara matang, sesuai dengan yang diinginkan. Mereka ingin menjadikan momen pernikahan sangat berkesan dan akan selalu dikenang anak cucu.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan pesta pernikahan. Beberapa di antaranya seperti gedung/tempat diadakannya acara, busana pengantin, undangan, cinderamata dan, yang paling utama, makanan/katering. Biasanya, makanan yang dihidangkan di sebuah pesta pernikahan disesuaikan dengan tema atau konsep acara. Namun, pada pesta pernikahan orang Indonesia, walau bertema Internasional sekalipun, makanan khas Nusantara tidak pernah ketinggalan untuk dihadirkan.

5 Hidangan Nusantara yang Sering Muncul di Pesta Pernikahan

Dalam acara pernikahan Indonesia, makanan Nusantara yang dihidangkan biasanya disesuaikan dengan budaya asal kedua pengantin. Akan tetapi, ada pula yang menyajikan kuliner khas Nusantara yang berasal dari luar kampung halaman kedua mempelai.

Seperti yang sudah kita ketahui, kuliner di Indonesia sangatlah beragam. Namun, terdapat beberapa jenis hidangan yang wajib ada atau yang sering disajikan di pesta pernikahan orang Indonesia. Apa sajakah itu?

  1. Nasi Goreng
    Makanan terenak nomor satu di dunia ini tak perlu diragukan lagi kelezatannya. Nasi goreng merupakan makanan Nusantara yang menjadi favorit kebanyakan orang di Indonesia. Oleh karena itu, tak mengherankan jika makanan yang satu ini tidak pernah absen di sebuah pesta pernikahan. Di acara resepsi, biasanya kita akan menjumpai nasi goreng di bagian menu prasmanan.
  2. Sate Madura
    Sate Madura merupakan salah satu menu andalan di pesta pernikahan. Jenis sate yang satu ini memiliki cita rasa khas Madura yang otentik. Biasanya, sate Madura disajikan dengan irisan lontong dan dicampur dengan bumbu kacang. Sate jenis ini biasanya menggunakan daging ayam dan kambing sebagai bahannya.Perpaduan daging yang disajikan dengan lontong dan dicampur dengan bumbu kacang yang manis membuat makanan ini mempunyai rasa yang khas sehingga menjadikannya salah satu menu favorit dari para tamu undangan.
  3. Sate Padang
    Sate padang menggunakan daging sapi, lidah atau jeroan sapi sebagai bahan utamanya. Berbeda dengan sate Madura yang berbumbu kacang dengan rasa yang manis, sate jenis ini disajikan dengan kuah kacang kental berwarna kuning atau merah yang gurih. Sebelum dibakar, daging dari sate padang dilumuri oleh bumbu dan sembilan belas jenis rempah-rempah. Rasa khas dari sate padang ini sayang bila dilewatkan dalam momen perayaan sebuah pernikahan.
  4. Pempek Palembang
    Kuliner khas dari Sumatera Selatan ini biasanya akan kita jumpai di area gubukan pada resepsi pernikahan. Makanan yang berbahan dasar ikan ini semakin nikmat disantap dengan cuko yang khas dengan rasa manis, pedas, dan asam.
  5. Coto Makassar
    Coto Makassar terbuat dari daging sapi dicampur dengan beberapa jenis jeroan. Berbeda dengan jenis soto dari daerah lainnya, hidangan ini memiliki rasa yang khas di lidah. Coto dihidangkan dengan bumbu yang terdiri dari campuran banyak jenis rempah-rempah. Pencampuran kacang tanah di dalam kuahnya menghasilkan kuah yang kental dan nikmat. Coto Makassar akan semakin lezat jika disajikan dengan ketupat atau buras dan nasi, dengan tambahan daun bawang dan bawang merah, sebagai pelengkap rasa.

Selain di area prasmanan dan gubukan, kita juga dapat menjumpai hidangan khas Nusantara di meja snack/makanan kecil. Saat ini, berbagai jajanan tradisional khas Nusantara sedang digemari di acara pesta pernikahan. Walaupun jenisnya belum begitu banyak, tetapi kue-kue pasar khas tradisional ini banyak disukai, contohnya seperti serabi, bubur, lupis, kue lapis dan lain sebagainya.

Tidak hanya kelima jenis makanan di atas, masih banyak makanan cita rasa Nusantara yang bisa digali dan disajikan dalam menu makanan untuk sebuah pesta pernikahan. Menghadirkan sensasi kuliner khas Nusantara yang mempunyai rasa berbeda pastinya akan memberikan kesan tersendiri di sebuah acara pernikahan.

Inspirasi Lainnya:


Tidak ada komentar

Tulis komentar

JADIKAN PKN LEBIH BAIK LAGI

Kami terus berupaya memberikan sajian acara yang berkualitas dengan mengangkat Kebudayaan Nasional untuk dapat lebih dikenal secara luas. Bantu kami menjadi lebih baik dengan mengisi survey sebagai bahan evaluasi di masa mendatang.

ISI SURVEYNYA DI SINI!