Kuratorial
Gerakan Kalcer
Mengoptimalkan budaya sebagai fondasi ekonomi kreatif yang memunculkan gagasan baru serta menjadi dasar dalam merumuskan penjenamaan kota dan cipta ruang lestari untuk melahirkan jenama kalcer berdaya.
Handoko Hendroyono
Dewan Kurator Gerakan Kalcer
3 program dalam Kuratorial Temu Jalar:
Lokakarya Budaya, Penjenamaan Kota dan Cipta Ruang - Daring dan Luring di Jakarta, Bali dan Bandung
Program ini mengajak seluruh pihak untuk menjadikan budaya sebagai fondasi ekonomi kreatif yang memunculkan gagasan baru serta menjadi dasar dalam merumuskan penjenamaan kota dan cipta ruang. Lokakarya Budaya, Penjenamaan Kota dan Cipta Ruang dilakukan di tiga kota yakni Jakarta, Bali, dan Bandung secara daring maupun luring untuk menjadi gerakan kesadaran bersama dalam mengembangkan “diplomasi kalcer” yang kuat dan memiliki narasi otentik serta menyebarluaskan praktik baik dan pembacaan skena kota berbasis partisipasi publik sebagai metode aksi.
Festival Kalcer - Pusako (Fabriek Bloc, Sumatera Barat, 11-15 Oktober 2023)
Festival Kalcer “Pusako” menjadi cara untuk terus mengingatkan pentingnya menjaga dan menghidupkan kebanggaan atas warisan budaya yang dimiliki. Dengan semangat yang ada festival ini menampilkan instalasi rangkiang (lumbung), gagasan PusaKota: Sawah Lunto Kota Pusako, eksibisi arsip dan literatur, diskusi Duduak Basamo, jamuan Makan Bajamba, pemutaran film dan musik, bazaar, dan aktivitas komunitas lainnya.
Festival Kalcer - Kata Kota Kita (MBloc, Jakarta, 18-22 Oktober 2023)
Beragam hal yang ingin dicurahkan tentang Jakarta baik tentang orangnya, jenamanya, tempat, ruang, aktivitas, lingkungan, hingga fasilitas publiknya akan menjadi elemen yang diangkat dalam Kata Kota Kita. Program ini merupakan wadah pertemuan ragam suara warga kota di simpul kalcer yang memantik kolaborasi kreatif berdampak lestari yang akan dilangsungkan di MBloc, Jakarta Selatan. Adapun beberapa kegiatan yang akan dilangsungkan antara lain medsos kata kota kita, lorong interaktif kata kota kita, literasi kota kita, pasar kota kita, wicara kota kita, peragaan busana kota kita, musik kota kita, sinema kota kita, simpul kata kota kita, dan festival kata kota kita.
© 2024, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia